(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • MAN Ende Laksanakan Halaqah Pembelajaran Di Bulan Ramadhan 1445 H
18,
MAN Ende Laksanakan Halaqah Pembelajaran Di Bulan Ramadhan 1445 H

MAN Ende (Kemenag)---Memasuki hari pertama Proses Belajar Mengajar (PBM) di bulan suci ramadhan, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ende melaksanakan halaqah (lingkaran) pembelajaran pada Kamis (14/3/2024)

 

Sebanyak 22 rombongan belajar (rombel) dari kelas X sampai dengan XI masing-masing dibimbing oleh tiga orang guru untuk membentuk halaqah. Halaqah merupakan tradisi umum yang dilakukan di lingkungan pesantren dengan peserta didik (santri) membentuk lingkaran untuk mempelajari urusan-urusan agama.

Mahmud Mohamad, M.Pd selaku Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) urusan Kurikulum mengatakan bahwa dua alasan yang melatarbelakangi pelaksanaan halaqah pembelajaran adalah adanya edaran dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah dan hasil rapat Dewan Guru MAN Ende.

"Latar belakang yang mendasari pelaksanaan halaqah pembelajaran di bulan ramadhan 1445 H ini ada dua. Pertama, ada edaran dari Dirjen Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah yang ada di pusat. Kedua, berdasarkan hasil rapat Dewan Guru MAN Ende" jelas Faris, begitulah beliau akrab disapa.

 

Faris juga menjelaskan teknis pelaksanaan halaqah pembelajaran di MAN Ende beserta materi-materi agama yang diajarkan.

"Jumlah rombongan belajar di MAN Ende ada 34 rombel. Ada 12 rombel kelas XII yang mengikuti simulasi Asesmen Madrasah. Sisanya sebanyak 22 rombel yakni gabungan rombel kelas X dan kelas XI. Setiap rombel dibimbing oleh tiga orang guru, kemudian membentuk kelompok untuk duduk secara melingkar untuk mendengarkan penyampaian pelajaran materi agama dan mempraktikannya. Nah, karena pembelajaran di bulan suci ramadhan 1445 H ini difokuskan untuk peningkatan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT sehingga peserta didik difokuskan untuk mempelajari tentang tata cara sholat yang benar, tata cara wudhu yang benar dan perbaikan bacaan Al-Qur'an" terang Faris.

Sementara itu, Siti Nurhayati, S.Pd.I selaku guru Bahasa Arab sekaligus pembimbing halaqah mengatakan bahwa proses pembelajaran di bulan ramadhan ini difokuskan untuk memahami dan memperdalam ilmu dan pengetahuan agama peserta didiknya.

"Proses pembelajaran di bulan ramadhan ini difokuskan untuk memahami dan memperdalam ilmu dan pengetahuan agama agar anak-anak dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk dirinya sendiri dan untuk masyarakat" imbuh Nur HD.

 

Penulis : Zulkasim A. Jenggo

Foto : Farida

Tinggalkan Komentar