(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Kepala MAN Ende Sukses Jadi Ketupat Halal Bi Halal dan Paskah Bersama
23,
Kepala MAN Ende Sukses Jadi Ketupat Halal Bi Halal dan Paskah Bersama

MAN Ende (Kemenag) --- Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ende, H. Tahrun Thalib, S.Pd sukses menjadi Ketua Panitia (Ketupat) dalam kegiatan Halal Bi Halal dan Paskah Bersama yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Ende pada Kamis (18/4/2024) di halaman Kantor Kementerian Agama Kab. Ende waktu setempat dengan tema Merajut kasih persaudaraan sejati untuk Ende maju bersama umat.

H. Tahrun Thalib menyampaikan kesannya ketika menjadi Ketua Panitia dalam kegiatan Halal Bi Halal dan Paskah Bersama.

"Alhamdulillah, terkait dengan kegiatan Halal Bi Halal dan Paskah bersama di lingkup Kantor Kementerian Agama Kab. Ende yang melibatkan semua ASN dapat berjalan dengan baik dan telah sukses. Hal ini terjadi karena dukungan dari semua pihak khususnya bapak Kepala Kantor Kementerian  Agama kabupaten Ende, bapak Nikolaus Nama Payon selaku penanggung jawab kegiatan ini. Beliau memiliki komitmen yang begitu kuat untuk menyatukan semua ASN lingkup Kementerian Agama di Kab. Ende kaitannya dengan momen perayaan hari besar Idul Fitri 1445 H dan perayaan ibadah Paskah tahun 2024 bagi umat Kristiani. Inilah momentum yang sangat tepat dan brilian untuk meningkatkan rasa kekeluargaan diantara kita dan memupuk rasa persatuan bangsa yang diinisiasi Kementrian Agama kabupaten Ende" jelas H. Tahrun.

H. Tahrun kemudian menjelaskan kiat-kiat yang telah beliau lakukan untuk menanamkan dan menumbuhkembangkan penerapan moderasi beragama di lembaga yang ia pimpin.

"MAN Ende adalah lembaga pendidikan yang bernuansa Islam, kita harus perlu menanamkan pendidikan agama dan perlu mengajarkan sikap toleransi kepada peserta didik terhadap umat beragama lain. Perbedaan adalah suatu keniscayaan, suatu sunnatullah. Penerapan moderasi beragama bukan hanya sekedar retorika tetapi perlu ditanamkan dan ditumbuhkembangkan oleh semua elemen di madrasah ini, baik dari saya sendiri selaku kepala madrasah, semua bapak/ibu guru dan pegawai serta semua peserta didik agar kedepannya mereka tidak menjadi individu yang radikal dan cenderung ekstrim tetapi mereka menjadi individu yang moderat dan toleran yang selalu menjunjung Islam sebagai agama yang rahmatan lil 'Aalamiin," terang H. Tahrun.

H. Tahrun juga menyampaikan bahwa MAN Ende adalah salah satu lembaga pendidikan yang bernuansa Islam yang telah memberikan bukti nyata penerapan moderasi beragama.

"Terkait penerapan moderasi beragama, MAN Ende telah memberikan bukti yang nyata, salah seorang guru di MAN Ende, Ibu Desi merupakan guru yang beragama Kristen Protestan. Kami dengan lapang dada dan senang hati menerima keberadaan beliau. Alhamdulillah, beliaupun juga merasa senang dengan pelayanan dan penerimaan kami. Beliau mengajarkan ilmu sesuai dengan kapasitasnya. Jadi, hal tersebut justru sangat membantu mencerdaskan anak-anak bangsa" ungkap H. Tahrun

Penulis dan Foto : Zulkasim A. Jenggo, S.Pd

Tinggalkan Komentar