(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Tingkatkan Keterampilan Guru, MAN Ende Hadirkan Pemateri tingkat Nasional
15,
Tingkatkan Keterampilan Guru, MAN Ende Hadirkan Pemateri tingkat Nasional

Dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran yang digelar MAN Ende selama tiga hari menghadirkan salah satu pemateri tingkat nasional. Kehadiran pemateri yang sudah berpengalaman dan berprestasi tingkat nasional merupakan salah satu langkah MAN Ende dalam meningkatkan keterampilan guru.
Kepala Madrasah menyebut Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang dilaksanakan dimaksudkan agar memberikan pengetahuan kepada guru dalam penulisan karya ilmiah guna membimbing siswa-siswi pada ajang Madrasah Young Research Super Camp (Myres).
"Kita adakan MGMP saat ini yang khusus pada penulisan karya ilmiah dengan tujuan bisa menambah pengetahuan guru agar bisa membimbing siswa-siswi saat mengikuti ajang Myres," ujar Kepala Madrasah Tahrun Thalib.
Diikuti 73 guru, kegiatan workshop penulisan karya ilmiah dibuka dengan resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende Nikolaus Nuka, Senin (15/11/2022) di aula workshop MAN Ende.
Dalam sambutannya juga ia mengharapkan agar guru di madrasah mampu bangkit bersama dalam hal apapun termasuk penulisan karya ilmiah.

"Saya mengajak kepada guru-guru di MAN Ende untuk bangkit bersama menuju ke arah yang lebih baik, salah satunya dengan lebih terampil dalam penulisan karya ilmiah," ungkap Nikolaus Nuka.
Di hari yang sama, pemateri yang memiliki pengalaman dan prestasi tingkat nasional di bidang Myres Dra. Sri Wahyuni, SP. M.Si langsung memberikan materi terkait teknik penulisan karya ilmiah madrasah bidang sosial dan humaniora. Menurutnya, agar memiliki keterampilan menulis karya ilmiah penulis harus sering membaca karya ilmiah orang lain.
"Bapak Ibu, langkah awal untuk mahir menulis karya ilmiah kita juga harus sering membaca karya ilmiah yang ditulis orang lain, sehingga kita terbiasa," terang pemateri.
Sri Wahyuni juga menyampaikan dalam pemilihan judul diperlukan research sederhana untuk mengetahui permasalahan yang akan dilakukan penelitian.
"Dalam pemilihan judul juga harus kita lakukan research sederhana, sehingga kita benar2 mengetahui latar belakang permasalahan yang akan kita lakukan penelitian," tambah Sri.
Selain Sri Wahyuni, MAN Ende juga menghadirkan pemateri yang merupakan dosen di salah satu universitas di Ende, Dr. Mansyur Abdul Hamid, M.M.

Tinggalkan Komentar