(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Delapan Orang Peserta Didik MAN Ende Ikuti Kegiatan Preventif Kesehatan Jiwa  dan NAPZA
03,
Delapan Orang Peserta Didik MAN Ende Ikuti Kegiatan Preventif Kesehatan Jiwa dan NAPZA

MAN Ende (Kemenag) --- Sebanyak delapan orang peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ende mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Ende   tentang pergerakan masyarakat dalam upaya promotif dan preventif kesehatan jiwa dan NAPZA bagi remaja pada Rabu (22/5/2024) bertempat di Aula Syuradikara Mart, Ende.

Adapun delapan orang peserta didik yang mewakili MAN Ende dalam kegiatan tersebut diantaranya: 1) Tabrani Eka Putri Rambari (X A), 2) Nurul Azkiah (X A), 3) Arini Zahratul Abidah (X A), 4) Afdal Pratama Saputra (X C), 5) Azizah Halima Aga (X C), 6)Nurul Azkiah D. Djaba (X C), 7) Sofyan Rahmat (X E), 8) Caysal (X E).

Total jumlah peserta pada kegiatan upaya promotif dan preventif kesehatan jiwa dan NAPZA bagi remaja sebanyak  110 orang, yang berasal dari 10 SMA/MA di kabupaten Ende dengan rinciannya sebagai berikut:

guru BK sebanyak 10 orang, remaja SMA/MA sebanyak 80 orang, panitia dan petugas skrinning sebanyak 20 orang. Masing-masing SMA/MA mengutus delapan orang peserta didik dan satu orang Guru BK sesuai dengan surat undangan dari Dinas Kesehatan.

SMA/MA yang mengikuti kegiatan upaya promotif dan preventif kesehatan jiwa dan NAPZA bagi remaja antara lain: 1) SMK Pelayaran, 2) SMK Negeri 1 Ende, 3) SMK Negeri 2 Ende, 4) MAN Ende, 5) SMK Swasta Yos Sudarso, 6) SMA Swasta Muhammadiyah, 7) SMA Swasta Islam Mutmainnah, 8) SMA Katholik Syuradikara, 9) SMA Katholik Frateran Ndao dan 10) SMA Negeri 1 Ende.

Sementara itu, Sumiyanti selaku guru BK MAN Ende sekaligus pendamping peserta didik mengharapkan agar keluaran atau output dari kegiatan tersebut dapat menciptakan komitmen remaja dalam upaya promotif dan preventif kesehatan jiwa dan menghindari pemakaian NAPZA.

 

"Seperti yang telah disampaikan oleh pemateri dari Dinas Dinas Kesehatan kab. Ende, mereka mengharapkan agar keluaran atau output dari kegiatan ini adalah terciptanya komitmen remaja dalam upaya promotif dan preventif kesehatan jiwa dan menghindari pemakaian NAPZA bagi remaja," harap Yanti.

Yanti juga berterima kasih kepada Dinas Kesehatan kab. Ende yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat tersebut.

"Dengan adanya kegiatan ini, saya sangat berterima kasih kepada Dinas Kesehatan kab. Ende karena kami sebagai guru BK dapat membantu peserta didik dalam mengatasi tantangan, membangun keterampilan emosional, dan mengembangkan fondasi yang kokoh untuk kesehatan mental yang optimal," jelas Yanti.

 

Penulis : Zulkasim A. Jenggo

Foto : Sumiyanti

Tinggalkan Komentar