(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Puskesmas Kota Periksa Kesehatan di MAN Ende
25,
Puskesmas Kota Periksa Kesehatan di MAN Ende

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional dan Hari HIV/AIDS sedunia serta upaya peningkatan cakupan program pencegahan dan pengendalian penyakit menular dan tidak menular Puskesmas Kota Ende  menggelar berbagai kegiatan pemeriksaan kesehatan di MAN Ende, Kamis (25/1/2024).
Bertempat di lapangan upacara MAN Ende, petugas medis dari Puskesmas Kota Ende melaksanakan berbagai kegiatan seperti skrining HIV/AIDS, Hepatitis B, Syphilis, TB, Kusta, Hipertensi, Diabates dan pemberian tablet tambah darah terhadap ratusan siswa-siswi MAN Ende dari kelas XII IPA 5, XII Keagamaan, X A, X B, X F dan X J.
Paulina Lince Suwo, S.Kep., Ns  selaku pengelola HIV/AIDS di Puskesmas Kota Ende yang secara langsung memeriksa siswa-siswi mengatakan kegiatan yang dilaksanakan Puskesmas Kota Ende merupakan rutinitas tahunan di MAN Ende yang pelaksanaannya bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional dan peringatan Hari HIV/AIDS sedunia.
"Kegiatan ini merupakan rutinitas tahunan di MAN Ende, kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional dan Hari HIV/AIDS sedunia" kata Paulina.
Paulina juga memberi informasi terkait beberapa jenis kegiatan yang dilaksanakan olehnya bersama rekan-rekan petugas medis lainnya.
"Adapun beberapa kegiatan yang kami laksanakan hari ini di antaranya penyuluhan tentang penyakit menular seksual seperti HIV/AIDS, Syphilis dan penyakit menular seksual lainnya; penyuluhan tentang penyakit menular lainnya seperti TBC dan Hepatitis B; penyuluhan tentang penyakit tidak menular seperti stroke, hipertensi, jantung, kanker dan penyakit tidak menular lainnya; serta penyuluhan reproduksi untuk remaja" jelas Paulina.
Selain itu, Paulina juga menambahkan adanya berbagai jenis kegiatan lain yang dilaksanakan oleh timnya.
"Selain dilaksanakan penyuluhan ada kegiatan lain yang dilaksanakan oleh saya dan teman-teman dari Puskesmas Kota Ende, di antaranya skrining secara umum seperti pemeriksaan gigi dan mulut, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar perut, pengukuran tensi darah dan skrining lainnya" tambah Paulina.
Ia juga berharap agar siswa-siswi MAN Ende menghindari pergaulan bebas dan pemakaian narkoba serta tidak bertato.
"Semoga semua siswa-siswi MAN Ende tidak terkena penyakit HIV/AIDS atau penyakit menular seksual lainnya, menghindari pergaulan bebas, serta menghindari pemakaian narkoba dan tidak bertato" harap Paulina.

Kesempatan yang sama, Putri Sari Umar Rago, A.Md.,Kep selaku petugas UKS MAN Ende menyatakan harapannya agar kegiatan tersebut memberikan banyak manfaat bagi siswa-siswi.
"Harapannya agar pelaksanaan kegiatan ini bisa memberikan banyak manfaat  bagi sekolah khususnya siswa-siswi baik dalam sisi pemberian informasi kesehatan (penyuluhan kesehatan), pemberian TTD (Tablet Tambah Darah), skrining kesehatan maupun pemeriksaan berkala" ujar Sari 
Sementara itu, Aqilah Muharani Admasari yang mendapatkan pemeriksaan menyampaikan bahwa banyak hal terkait penyakit menular khususnya HIV/AIDS yang bisa ia pelajari secara langsung dari kegiatan tersebut.
"Saya sangat terkesan dengan kegiatan ini karena saya bisa belajar berbagai hal terkait penyakit menular khususnya HIV/AIDS. Dari kegiatan ini, kami dapat mengecek secara langsung apakah positif HIV/AIDS atau tidak" terang Aqilah, X-J.

Tinggalkan Komentar