(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Hari Kedua Safari Ramadhan, Affan Ingatkan Dosa Jariyah
20,
Hari Kedua Safari Ramadhan, Affan Ingatkan Dosa Jariyah

Hari kedua safari Ramadhan MAN Ende, Mahfudz M. Affan mengingatkan jamaah Al Amanah untuk menjauhi hal buruk yang dapat merugikan diri sendiri.

Siswa kelas XI IPA 1 MAN Ende menjelaskan pentingnya menghindari sesuatu yang buruk agar terlepas dari dosa jariyah.

Sang penceramah mengutip perkataan yang disampaikan Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim tentang peringatan untuk menjauhi dosa jariyah.

โ€Dan siapa saja yang mengenalkan satu kebiasaan yang buruk , maka dia mendapatkan dosa keburukan tersebut dan dosa orang-orang yang melakukan kebiasaan buruk tersebut setelah dirinya tanpa mengurangi dosa-dosa mereka sedikit pun, hadits riwayat Muslim," ujar Affan di hadapan jamaah masjid Al Amanah Lokoboko, Selasa (19/04/2022).

Ia menambahkan, agar jamaah berhati-hati apalagi saat ini di era yang serba digital sangat rentan terjadi dosa jariyah.

"Jamaah sekalian, sebaiknya kita selalu berhati-hati dalam membagikan informasi-informasi di media sosial karena takut saja akan menjadi dosa jariyah," tegas Affan.

Dalam kegiatan yang dihadiri guru dan pegawai MAN Ende, Kepala MAN Ende Tahrun Thalib memberikan sambutan di hadapan jamaah Masjid Al Amanah Lokoboko.

Tahrun berharap dengan adanya Safari Ramadhan yang mengutus siswa untuk berceramah adalah upaya madrasah dalam mempersiapkan generasi agar mampu menjadi pendakwah.

"Bapak Ibu jamaah, maksud kami menampilkan siswa untuk berceramah merupakan upaya madrasah mempersiapkan generasi penerus yang akan menjadi penceramah di masa yang akan datang," ungkap Kepala Madrasah.

Kepala Madrasah menambahkan hadirnya rombongan safari juga sebagai ajang silahturahim.

"Kami disini hadir bukan bermaksud menggurui Bapak Ibu jamaah, tapi kami juga ingin mempererat tali silaturahmi di antara kita," tambah Tahrun.

Tinggalkan Komentar