(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Tiga Puluh Satu Orang Peserta Didik MAN Ende Ikuti Apel Harlah Pancasila
03,
Tiga Puluh Satu Orang Peserta Didik MAN Ende Ikuti Apel Harlah Pancasila

MAN Ende (Kemenag) --- Sebanyak 31 orang peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ende terdiri dari 16 putra dan 15 putri yang berasal dari gabungan dari kelas X dan kelas XI mengikuti Apel Hari Lahir (Harlah) Pancasila, Sabtu (1/6/2024) waktu setempat di lapangan Pancasila, Ende. Para didik tersebut didampingi oleh dua orang guru yakni Wakil Kepala Madrasah (Wakamad)Urusan Kesiswaan, Abdul Gani Musa dan salah seorang staf Wakad Kesiswaan, Muhammad Hadi Enggoe.

Yang bertindak sebagai inspektur upacara yakni pejabat Gubernur NTT, Ayodhia GL Kalake. Ayodia GL Kalake menggantikan Megawati Soekarnoputeri yang tidak bisa hadir ke lapangan upacara karena alasan kesehatan. Turut hadir pada upacara tersebut diantaranya: Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Hasto Kristiyanto, Andreas Hugo Parera, Komarudin Watubun, pejabat bupati Ende, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pimpinan dan anggota DRPD propinsi NTT, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Ende, Petinggi dan anggota dari TNI/Polri, PGRI Kab. Ende, BUMN, BUMD,LSM, Mahasiswa, Pelajar sekabupaten Ende dan Undangan lainnya.

Upacara berlangsung dengan khidmat ketika Hasto Kristiyanto membacakan Sambutan Upacara Hari Lahir Pancasila. Di akhir sambutannya, Hasto menyampaikan mohon maaf dan memberikan alasan terkait ketidakhadiran ibu Mega pada Apel Harlah Pancasila.

"Saya menyampaikan permohonan maaf dari Ibu Mega karena beliau tidak bisa hadir karena alasan kesehatan tetapi percayalah bumi Ende selalu memberikan semangat bagi kita, untuk Indonesia dan dunia karena disinilah butir-butir nilai dasar Pancasila dikontemplasikan. Salam dari Ibu Mega, beliau selalu berdo'a untuk masyarakat Ende khususnya untuk anak-anak muda Ende, generasi masa depan bangsa," terang Hasto.

 

Upacara Harlah Pancasila diakhiri dengan pembacaan do'a oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kab. Ende, Nikolaus Nama Payon.

Sementara itu, Wakamad Kesiswaan MAN Ende sekaligus guru pendamping, Abdul Gani menjelaskan alasan dirinya dan peserta didik MAN mengikuti Apel Harlah Pancasila.

"Kami dari kesiswaan dan 31 orang peserta didik MAN Ende mengikuti apel hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni atas undangan resmi dari Sekretaris Daerah kabupaten Ende untuk menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2024 di lapangan Pancasila," jelas Abdul Gani.

Abdul Gani juga berharap agar semangat nilai-nilai dasar Pancasila terpatri dan terinternalisasi dalam jiwa generasi muda.

"Saya berharap agar semangat dan nilai-nilai luhur dasar Pancasila tetap terpatri di dalam setiap jiwa generasi muda, kaum milenial. Sikap nasionalisme perlu diinternalisasikan ke setiap generasi muda," harap Abdul Gani.

 

Penulis : Zulkasim A. Jenggo

Foto : Abdul Gani

Tinggalkan Komentar