(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Kepala MAN Ende Resmi Melepas 388 Orang Peserta Didik Kelas XII T.A 2023/2024
07,
Kepala MAN Ende Resmi Melepas 388 Orang Peserta Didik Kelas XII T.A 2023/2024

MAN Ende (Kemenag) --- Keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ende menggelar acara perpisahan untuk melepas secara resmi 388 orang peserta didik kelas XII Tahun Ajaran 2023/2024 pada Senin (6/5/2024) di lapangan upacara MAN Ende.

Hadir dalam acara tersebut Kepala MAN Ende, H. Tahrun Thalib, S.Pd, Ketua Komite MAN Ende, Dr. Natsir Koten, Kepala Tata Usaha (TU), Muhammad Irwan, seluruh bapak/Ibu guru, para pegawai, para orang tua/Wali Peserta Didik Kelas XII.

Muhammad Sultan Raflin Syaputra selaku perwakilan dari kelas XII mengucapkan terima kasih kepada semua bapak ibu guru.

"Saya atas nama pribadi dan mewakili teman-teman kelas XII mengucapkan banyak terima kasih kepada semua bapak/ibu guru terutama wali kelas kami masing-masing yang telah membimbing, mengarahkan, mendidik dan menasihati kami selama kami mengenyam pendidikan di lembaga tercinta ini. Mengutip kalimat dari buku yang saya baca menyatakan bahwa beberapa perpisahan harus terjadi untuk memulai suatu perjalanan. Hari ini, kami semua akan berpisah dengan bapak/ibu guru dan para pegawai di MAN Ende ini. Kami juga mengucapkan mohon maaf atas segala perbuatan dan ucapan yang pernah kami lakukan, mungkin saja menyinggung hati bapak/ibu guru sekalian," ucap Sultan.

H. Tahrun Thalib selaku Kepala MAN Ende mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bapak/ibu guru dan para pegawai yang telah membimbing dan melayani para peserta didik kelas XII selama menjalani proses pendidikan di MAN Ende.

"Saya selaku pimpinan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya karena berkat dukungan yang begitu luar biasa dari bapak/ibu guru dan para pegawai dalam proses pembelajaran selama tiga tahun yang berlangsung di MAN Ende ini. Jika dalam prosesnya, mungkin ada kata dan perbuatan dari rekan-rekan saya seluruh bapak/ibu dewan guru secara tidak sengaja yang mungkin menyakiti hati anak-anak sekalian, mohon untuk dimaafkan," pungkas H. Tahrun.

H. Tahrun juga menyampaikan bahwa prestasi yang ditorehkan oleh prestasi kelas XII untuk masuk ke jalur pendidikan tinggi cukup membanggakan.

"Prestasi yang telah ditorehkan oleh anak-anak kita, peserta didik kelas XII tahun ini cukup membanggakan karena sampai saat ini ada 21 orang yang terdata di bagian kurikulum berhasil lolos SNBP dan SPAN PTKIN. Inshaa Allah, mereka akan menempuh pendidikan tinggi di berbagai kampus negeri yang cukup populer di Indonesia. Kemungkinan jumlah tersebut akan semakin bertambah karena masih ada peserta didik lain yang ikut seleksi lewat jalur lain. Saya mendoakan agar mereka memperoleh hasil yang terbaik," terang H. Tahrun dengan bangga.

H. Tahrun Thalib memberikan pesan kepada para peserta didik kelas XI untuk selalu menjaga nama baik MAN Ende.

"Kami telah menanamkan nilai-nilai keislaman dan menanamkan akhlak yang mulia kepada kalian semua. Tetaplah membawa nama baik madrasah ini, ketika kalian sudah meninggalkan MAN Ende. Saya berharap kalian akan menjadi orang-orang yang sukses di masa yang akan datang," pesan H. Tahrun.

Di penghujung sambutannya, H. Tahrun Thalib membacakan Surat Keputusan Kelulusan Peserta Didik Kelas XII Tahun Ajaran 2023/2024.

"Akhirnya berdasarkan hasil rapat dan kesepakatan Dewan Guru, saya memutuskan bahwa peserta didik kelas XII Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 388 orang dinyatakan seratus persen lulus," kata H. Tahrun

Sementara itu dalam sambutannya, Dr. Natsir selaku Ketua Komite MAN Ende menyampaikan kebanggaannya ketika dipercayakan oleh bapak/ibu orang tua/wali untuk menjadi Ketua Komite.

"Ketika saya ditunjuk menjadi ketua komite ada kebanggaan dalam diri saya karena ada beberapa alasan. Pertama, secara geografis, MAN Ende terletak sangat strategis yang berada di pusat kota Ende.

Kedua, secara akademis; prestasi MAN Ende cukup membanggakan dengan berhasil meraih juara di berbagai event perlombaan baik di tingkat kabupaten, propinsi bahkan di tingkat nasional. Ketiga, secara kuantitatif; MAN Ende adalah madrasah dengan jumlah peserta didik terbanyak untuk Madrasah se-NTT," jelas Dr. Natsir.

Dr. Natsir Koten juga mengharapkan agar semua stakeholder menjaga nama baik MAN Ende.

"Sebanyak 388 orang yang lulus hari ini  adalah kapita selekta, pilihan terbaik yang akan mewarnai peradaban bangsa. Oleh karena itu, dengan prestasi dan prestise yang kita miliki saat ini, mari kita semua menjaga marwah MAN Ende bukan saja kepala MAN Ende, bapak/ibu guru, tetapi para orangtua dan semua peserta didik diharuskan untuk menjaga nama baik MAN Ende, singkatnya  semua stakeholder yang ada di MAN Ende. Bapak/ibu jangan lekas berpuas diri dengan apa yang ada. Tidak ada kata puas untuk terus belajar karena tantangan untuk mendidik peserta didik kedepannya semakin kompleks," " terang Dr. Natsir.

Penulis: Zulkasim A. Jenggo

Foto: Haidar Ali Hanafi

Tinggalkan Komentar