(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • 1.119 Orang Peserta Didik MAN Ende Ramaikan Gema Ramadhan 1445 H
18,
1.119 Orang Peserta Didik MAN Ende Ramaikan Gema Ramadhan 1445 H

MAN Ende (Kemenag)---Civitas akademika Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ende yang terdiri dari 1.119 orang peserta didik dan 97 orang bapak/ibu guru dan pegawai meramaikan acara Gema Ramadhan 1445 H bersama peserta dari instansi Kementerian Agama beserta 10 Madrasah lainnya, berada di dalam radius kota Ende yang masuk dalam kategori Zona 1, pada Sabtu (9/3/2024) dengan titik kumpul Terminal Ndao-Ende.

Acara Gema Ramadhan 1445 H dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan ibadah puasa bagi umat muslim yang merayakannya. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan Gema Ramdhan 1445 H diantaranya pengarahan dan pelepasan rombongan oleh bapak Nikolaus Nama Payon, S.Ag selalu Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Ende, Jalan Sehat dan Pembagian Sembako.

Dalam arahannya Kepala Kantor Kementerian Agama (KaKankemenag)  Kab. Ende  menyampaikan bahwa bulan Ramadhan seharusnya dimaknai sebagai cara untuk meningkatkan relasi secara vertikal dan secara horizontal.

"Kita semua sebagai insan yang beriman seharusnya memaknai bulan Ramadhan sebagai cara untuk meningkatkan relasi secara vertikal kepada Allah SWT dan relasi secara horizontal kepada sesama manusia dan kepada alam semesta. Mengapa hari ini, kita memakai pakaian putih? Ini sebagai simbol bahwa kita akan kembali suci dengan memasuki dunianya Allah SWT, dunia yang penuh dengan kesucian, dunia yang mengajak kita untuk kembali kepada kefitrahan. Mari kita luruskan kembali hati kita" terang Nikolaus

KaKankemenag Kab. Ende kemudian melepas rombongan untuk mengikuti Jalan Sehat dari Terminal Ndao menuju ke rute perjalanan sebagai berikut: Jl. Mahoni-Jl. Soekarno-Ujung Aspal-Belok ke Jl. Nusantara kemudian rombongan finish di lapangan Pancasila.

Kafilah MAN Ende yang meramaikan kegiatan tersebut dibagi dalam beberapa Tema yang disebut sebagai Geng diantaranya Geng Sahur, Geng Teraweh, Geng Buka Puasa Bersama, Geng Tadarus, Geng Zakat dan yang terakhir Geng Idul Fitri. Setiap Geng diikuti oleh lima sampai enam kelas dengan pakaian dan propertinya masing-masing. Selain itu, ada Marching Band kebanggaan MAN Ende Gita Cendikia Aliyah (GCA) juga meramaikan kegiatan Gema Ramadhan 1445 H.

Sementara itu, Tika Abdul Aziz selaku Ketua Panitia internal MAN Ende menyatakan bahwa kegiatan Gema Ramadhan sebaiknya menjadi budaya positif untuk terus dilakukan.

"Kegiatan Gema Ramadhan sebaiknya menjadi budaya positif untuk terus dilakukan, tidak hanya pada tatanan lembaga pemerintah tapi juga pada setiap lapisan masyarakat agar sikap suka cita menyambut bulan suci betul-betul menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat, khususnya muslim. Semestinya diberikan apresiasi yang tinggi pada warga MAN Ende yang merespon kegiatan ini juga sepenuh hati sehingga pada saat melakukannya penuh keceriaan" urai Aan

Kegiatan Gema Ramadhan ditutupi dengan pembagian paket sembako oleh bapak Kakankemenag kepada peserta didik yang berhak menerima.

 

Penulis dan Foto : Zulkasim A. Jenggo

Tinggalkan Komentar