(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Shalat Jumat, Jamaah Ulul Albab Dengarkan Khutbah tentang Literasi Digital
07,
Shalat Jumat, Jamaah Ulul Albab Dengarkan Khutbah tentang Literasi Digital

Shalat Jumat di Madrasah Aliyah Negeri Ende menjadi salah satu rutinitas wajib yang dilaksanakan setiap pekan oleh Guru, Pegawai, dan juga siswa di masjid Ulul Albab MAN Ende. Saat mengikuti shalat Jumat (05/08/2022), jamaah shalat yang mendengarkan khutbah yang disampaikan oleh Syahroni, guru Biologi MAN Ende.
Di khutbah Jumat Syahroni menyampaikan pentingnya generasi Islam memahami Literasi Digital untuk menambah pengetahuan yang positif.
"Dengan kemajuan teknologi hendaknya jamaah sekalian menjadikan literasi digital sebagai suatu hal yang sangat penting guna menambah pengetahuan dan wawasan yang positif," ungkap khatib Syahroni.
Di hadapan jamaah yang memadati masjid, khatib mengatakan kemudahan melakukan akses sebuah berita juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas untuk menyaring sumber-sumber berita. Pasalnya, menurut Guru Biologi kemudahan mengakses berita membuat pembaca rentan mengonsumsi berita-berita dari sumber yang tidak valid.
"Jamaah sekalian, internet memudahkan kita untuk mengakses segala macam bentuk berita, namun kita juga harus pandai memilah kebenaran dari berita yang dibaca karena bisa saja kita mengonsumsi kabar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," tegas Syahroni.
Syahroni juga menyampaikan pentingnya generasi muda Islam menambah wawasan agama dan pengetahuan tentang perkembangan zaman. Ayah satu anak ini mengemukakan generasi muda Islam harus menjadi generasi yang hebat dan berintelektual serta tetap dalam fondasi keagamaan.
"Generasi Islam harus memiliki pengetahuan yang luas dan berlandaskan agama, agar tetap hebat dan beradab di tengah kemajuan zaman," terang Syahroni.
Lebih lanjut, di hadapan ratusan jamaah shalat Jumat di Masjid Ulul Albab, Syahroni mengharapkan kehadiran siswa-siswi MAN Ende yang mampu menampilkan prestasi-prestasi untuk tetap membangkitkan gairah keislaman.
"Khatib juga berharap agar muncul siswa-siswi MAN Ende yang mampu berprestasi hebat untuk yg terus memupuk gairah keislaman anak-anak muda lainnya," ujar guru Biologi.
Syahroni menyelesaikan khutbahnya dengan berdoa agar Allah memudahkan jamaah dalam melalui kehidupan sehari-hari yang kemudian dilanjutkan dengan melaksanaka  shalat dua rakaat yang diimami langsung ketua Dewan Kemakmuran Masjid Ulul Albab MAN Ende Sujud Firmansyah.

Tinggalkan Komentar