(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Ziarah Makam di Hari Guru Jadi Bahan Renungan
28,
Ziarah Makam di Hari Guru Jadi Bahan Renungan

Perayaan hari guru di Madrasah Aliyah Negeri Ende juga diisi dengan kegiatan menziarahi makam mantan guru MAN Ende yang telah wafat.

Masing-masing guru dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah makam yang dikunjungi.

Pada kesempatan menziarahi makam,  guru-guru langsung membersihkan area makam dan juga memanjatkan do'a.

Kepala Madrasah menyampaikan tujuan menziarahi makam adalah untuk merenungi jasa-jasa guru yang telah tiada.

"Tujuan utama kita ziarah ke makam teman-teman yang telah mendahului kita agar kita bisa merenungi jasa-jasa mereka dalam mendidik siswa dan memajukan madrasah," ujar Tahrun Thalib, Kepala MAN Ende.

Selain untuk merenungi jasa-jasa baik guru, Kepala Madrasah mengajak agar merenungi bahwa suatu saat semua yng hiduo akan menyusul teman guru yang telah wafat.

"Semoga ini juga jadi bahan renungan agar kita sadar bahwa suatu saat nanti kita akan menyusul mereka," tambah Kamad, Kamis (25/11/2021).

Salah satu guru yang ikut menziarahi makam salah satu guru membenarkan dirinya dapat merenung kehadirannya sebagai guru madrasah ketika menziarahi makam.

"Ini akan jadi bahan renungan untuk saya agar tetap ikhlas dan tulus mengabdi dan mendidik siswa karena itu merupakan amalam yang akan kita bawa ke alam kubur," terang Ramadhan, guru Aqidah Akhlak.

Kegiatan menziarahi makam merupakan kegiatan rutin madrasah yang dilaksanakan setelah upacara bendera memperingati hari guru.

Tinggalkan Komentar