(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Rizky Ingatkan Shalat saat Kultum
13,
Rizky Ingatkan Shalat saat Kultum

Kegiatan ceramah singkat yang menjadi rutinitas MAN Ende kembali dihidupkan beberapa waktu lalu. Ceramah singkat yang lebih dikenal dengan kuliah tujuh menit atau Kultum dilakukan sesuai shalat Dhuhur di Masjid Ulul Albab.

Rizky, siswa kelas X yang berkesempatan memberikan tausiyah singkatnya mengingatkan jamaah untuk mengerjakan ibadah wajib yaitu shalat.

"Jamaah sekalian, saya mengingatkan diri saya pribadi dan kita semuanya untuk terus menunaikan shalat karena shalat dapat mencegah perbuatan yang keji dan mungkar," ucap remaja 16 tahun di atas mimbar, Rabu (13/10/2021).

Di hadapan jamaah shalat Dhuhur di masjid Ulul Albab, remaja asal Ende Timur juga menyampaikan nasihat mulianya kepada rekan-rekan untuk tetap menjaga adab dan memuliakan guru.

"Kita sebagai siswa disini untuk menuntut ilmu, untuk itu kita harus tetap menjada adab dan sikap kita dalam memuliakan guru," tambah Rizky.

Kegiatan Kultum merupakan agenda yang sudah dijadwalkan pihak madrasah sehingga setiap harinya seusai shalat Dhuhur masing-masing kelas mewakilkan salah satu siswa untuk mengisi tausyiah.

Wakamad Kesiswaan menjelaskan kegiatan Kultum setelah shalat Dhuhur adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk melatih mental siswa dalam menyampaikan ceramah di depan orang banyak.

"Kita latih siswa lewat kultum agar mental mereka terbiasa dan siap memberikan ceramah di hadapan banyak orang," terang Wakamad Kesiswaan, Mahmud Mohamad.

Tinggalkan Komentar