(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Siswa MAN Ende Ikuti Simulasi Asesmen Nasional
11,
Siswa MAN Ende Ikuti Simulasi Asesmen Nasional

Sebanyak 50 siswa kelas XI MAN Ende mengikuti simulasi asesmen nasional dua hari berturut-turut. Dengan menyiapkan 50 komputer klien dan 1 server, simulasi asesmen berjalan lancar dan tertib.

Asesmen nasional yang merupakan pengganti ujian nasional memiliki tatacara yang berbeda. Masing-masing peserta simulasi mengerjakan 3 subtes dengan waktu maksimal 200 menit.

Subtes pertama adalah latihan dengan limit waktu 90 menit. Pada subtes kedua, selama 90 menit juga siswa mengerjakan soal-soal numerasi di hari pertama dan literasi di hari kedua, sedangkan subtes ketiga berupa angket dengan waktu 20 menit.

Simulasi asesmen dilakukan untuk membiasakan siswa menghadapi asesmen nasional yang sesungguhnya.

Mahmud Mohamad, proktor yang sekaligus Help Desk menerangkan tujuan utama siswa mengikuti simulasi agar siswa dapat mengenal sistem asesmen dan juga untuk mengukur kemampuan server dan komputer klien saat asesmen utama dilaksanakan.

"Simulasi ini bertujuan untuk mengenalkan cara kerja asesmen dan juga mengukur kualitas kemampuan komputer server dan klien saat asesmen utama," jelasnya, Kamis (09/09/2021).

Dari 50 peserta yang disiapkan, 45 diantaranya langsung mengikuti simulasi dan 5 lainnya dipilih menjadi cadangan.

Pemilihan siswa tersebut dilakukan secara acak sesuai metode yang ditetapkan pemerintah sehingga tidak semua siswa mengikuti asesmen nasional.

Tinggalkan Komentar