(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Perkuat Tekad, Siswa MAN Ende Pahami Kriteria Penuntut Ilmu
04,
Perkuat Tekad, Siswa MAN Ende Pahami Kriteria Penuntut Ilmu

Setelah sebelumnya mendengarkan tausyah mengenai pentingnya Al-quran, kali ini siswa MAN Ende khususnya XII IPA mengikuti tausyah singkat yang menghadirkan pemateri Ustad Riyan Ade Putra, S.Ag di masjid Ulul Albab MAN Ende, Sabtu (04/08/2018).

Kegiatan yang menghadirkan pemateri lulusan Sekolah Tinggi Dirasat Islam (STDI) Imam Syafii Jember dan juga mahasiswa Universitas Islam Madinah dimaksud untuk menambah semangat dan tekad serta mempersiapkan siswa-siswi yang akan lulus untuk tetap menuntut ilmu.

Hal tersebut disampaikan Mahmud Mohamad, M.Pd, Wakamad Kesiswaan saat memberi sambutan saat kegiatan dimulai.

"Kita harap dengan adanya kegiatan ini bisa menjadikan siswa siswi MAN Ende lebih termotivasi untuk menuntut ilmu agar bisa meraih cita-cita," ungkapnya mewakili Kepala MAN Ende.

Dalam tausyah, pemateri memaparkan 6 kriteria penuntut ilmu yang sejati, yaitu cerdas, semangat, mengasingkan diri dari lingkungan yang dapat membawa keburukan; mengambil ilmu dari yang tua, seusia, dan yang muda; mencari ilmu dengan bantuan guru; serta tetap merasa membutuhkan ilmu.

Keenam kriteria tersebut membuat siswa siswi menyadari akan pentingnya berusaha maksimal dalam mendapatkan ilmu.

Intan, XII IPA 4 merasa dirinya perlu memenuhi kategori penuntut ilmu yang sejati.

Pernyataan tersebut ia lontarkan saat memberikan pertanyaan pada pemateri.

"Ustad, apakah saya bukan termasuk penuntut ilmu yang sejati karena dari kriteria yang disampaikan ustad masih sebagian pada diri saya, dan saya tertantang untuk memenuhi kriteria penuntut ilmu sejati," tanyanya saat sesi diskusi.

Begitu juga dengan Malik. Rekan sekelas Intan yang juga mendengarkan tausyah mengaku dirinya akan memenuhi kriteria yang sudah dipaparkan.

"Saya ingin melengkapi kriteria pencari ilmu seperti yang ustad sampaikan," ujar siswa XII IPA 4 bersemangat.

Mahmud Mohamad, Wakamad Kesiswaan mengharapkan kegiatan singkat ini menjadi tambahan motivasi bagi siswa siswi MAN Ende dalam mengejar cita-cita dengan menuntut ilmu.

 

Inmas_MAN Ende

Tinggalkan Komentar