NEWS UPDATE :  
Madrasah Aliyah Negeri Ende

Artikel

PPDB Online
PENGUMUMAN UN
Channel Madrasah
Polling

Menurut anda website ini?

  Bagus
  Cukup
  Kurang
  Ribet
  Lumayan

  Hasil Polling
Live Chat
Statistik Pengunjung

10 Keunggulan MAN Ende yang membuat bangga siswa dan alumnusnya!!

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ende menjadi madrasah di Kabupaten Ende dan bahkan di Provinsi NTT yang memiliki banyak keunggulan. Berdiri sejak 1960 MAN Ende saat ini dipimpin oleh Dra. Siti Ardewi Rahmaniar Alyumsia berkembang begitu pesat dan mampu menjadi daya tarik tersendiri.


Tidak salah jika orang tua/wali siswa-siswi memercayai MAN Ende sebagai madrasah yang tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anaknya. Bukan hanya prestasi akademik yang sering diraih, madrasah yang berada di Jalan Nanas, tepatnya di belakang Kantor Bupati Ende, Kelurahan Mautapaga ini memiliki 10 keunggulan sebagai berikut ;

 










 







1. Menjadi Madrasah pertama di Indonesia yang menyelenggarakan UAMBN berbasis komputer



Pada tahun pelajaran 2016/2017 MAN Ende mulai melaksanakan ujian akhir madrasah berstandar nasional dengan menggunakan komputer. Hal ini menjadikan MAN Ende sebagai madrasah pertama di Indonesia yang mampu melaksanakan UAMBN berbasis komputer. Tercatat di tahun awal pelaksanaan berjalan lancar.

 

2. Sekolah pertama di Kabupaten Ende yang menerapkan seragam batik bagi siswa-siswinya



Di tahun 2007/2008 MAN Ende melalui gagasan Kepala Madrasah saat itu, Hamidy Bara Ray, MA (Alm.) mewajibkan siswa-siswinya mengenakan seragam batik yang disediakan madrasah. Pemakaian seragam batik dikhususkan pada hari Rabu, dengan baju berwarna dominan hijau yang dipadukan dengan celana/rok yang berwarna putih.

 

3. Masjid dengan jumlah jamaah shalat Duhur terbanyak di Kota Ende



Memiliki masjid yang diberi nama Ulul Albab menjadi berkah tersendiri bagi madrasah ini. Kewajiban untuk melaksanakan shalat Duhur dilakukan guru dan siswa-siswi di masjid yang berlokasi di madrasah. Sudah tentu dengan jumlah siswa-siswi dan guru yang mencapai 1000an orang menjadikannya sebagai masjid dengan jumlah jamaah shalat Dubur terbanyak di kota Ende dan sekitarnya.

 

4. Menggagas silaturahim ala madrasah



Di MAN Ende tiap pagi guru telah menanti kedatangan siswa-siswi.  Siswa yang memasuki gerbang madrasah mulai menyalami guru-guru yang telah menanti. Tujuannya agar memberi semangat pada siswa-siswi ketika menuntut ilmu di madrasah.

 

5. Memiliki jadwal tilawah Al-quran setiap pagi



15 menit sebelum pelajaran pertama dimulai siswa-siswi dipantau langsung wali kelas membaca alquran di kelasnya masing-masing. Hal ini dimkasudkan untukmembiasakan siswa-siswi membaca al-quran setiap hari.

 

6. Kultum oleh siswa


Setiap harinya setelah melaksanakan shalat Duhur, salah seorang siswa perwakilan kelas memberikan tausyah agama singkat yang sering dikenal dengan Kultum. Kegiatan kultum sudah dijadwalkan pengurus OSIS di awal tahun pelajaran.

 

7. Memiliki Asrama Putra



Tidak jauh dari lokasi madrasah, berdiri sebuah bangunan asrama putra berkapasitas 40 orang. Kegiatan asrama selain belajar juga diwajibkan untuk menghafal ayat suci quran yang dibimbing langsung oleh guru pendamping asrama.

Dengan mushola yang juga disiapkan asrama terjaminlah kebutuhan penghuni asrama untuk melaksanakan shalat 5 waktu.

 

8. Terdapat program keterampilan tata busana dan elektronik



Sebagai madrasah yang banyak diminati, MAN Ende sangat memerhatikan keahlian tambahan bagi siswa-siswinya. Tersedianya laboratorium elektronik dan keterampilan tata busana menjadikan siswa-siswi madrasah dapat menyalurkan minatnya dalam bidang reparasi elektronik dan menjahit busana. Hal ini dimaksudkan agar alumnus MAN Ende dapat memanfaatkan keahlian yang diperoleh untuk menghasilkan lapangan pekerjaan baru.

 

9. Pernah Meraih Sekolah Sehat Tingkat Provinsi



Di tahun 2009 MAN Ende pernah meraih sekolah sehat tingkat SMA/MA/SMK/Sederajat tingkat Provinsi NTT. Keberhasilan ini pernah diulang di tahun 2013. Di tahun itu MAN Ende kembali menjadi juara I lomba madrasah sehat tingkat provinsi NTT. Oleh karena prestasinya, MAN Ende dipercaya mengikuti lomba sekolah sehat tingkat nasional yang digelar di tahun 2014.

 

10. Terpilih Sebagai Pemenang “The Best Islamic School Of The Year” di Tahun 2015



MAN Ende pernah terpilih sebagai pemenang dalam kategori  “The Best Islamic School Of The Year” di tahun 2015 yang dilakukan oleh Indonesian Achievement Center (IAC) di Denpasar Bali. MAN Ende berhasil memenangkan kategori tersebut karena dinilai menerapkan pendidikan Islam yang tepat pada generasi muda zaman ini.


(Inmas_MAN Ende)

Informasi Madrasah
Seleksi Masuk Peserta Didik Baru 27 Juni 2020 Jam 08.00 s/d 14.00